The Groundbreaking Ceremony of Cooperation between ASEAN Studies Center UGM and Groningen Research Centre for SEA and ASEAN, University Of Groningen

img_9745web

ASEAN Studies Center Universitas Gadjah Mada (ASC UGM) merupakan satu dari sekian pusat studi ASEAN yang ada di Indonesia dengan inisiatif kerja sama dan produktivitas penelitian yang paling intensif. Sebagai institusi yang terdepan dalam penelitian tentang ASEAN dan Asia Tenggara di Indonesia dan ASEAN, ASC UGM berkomitmen untuk menjalankan peran tidak hanya sebagai pusat kajian, namun menjadi tempat belajar bagi akademisi dan ilmuwan dari seluruh dunia melalui Indonesia, khususnya di Universitas Gadjah Mada. Inisiatif ini sejalan dengan keinginan Groningen Research Center for Southeast Asia and ASEAN untuk berperan dalam menjembatani Asia Tenggara dan Uni Eropa sebagai dua kawasan dengan dinamika dan proses regionalisme yang masih berjalan. Di tingkatan yang lebih tinggi, University of Groningen sebagai gerbang utama untuk mempelajari bidang governance (tata kelola), regionalisme, dan spatial planning (perencanaan ruang)

Di sisi yang lain, kerja sama antar dua institusi ini (sister-institute cooperation) adalah usaha untuk mengonsolidasi 40 tahun kolaborasi UGM dengan UoG dalam beberapa bidang, seperti scientific and cultural exchange; ASEAN-EU engagement; interdisciplinary research; policy-relevance; middle income countries in ASEAN (Indonesia, Malaysia, Philippines, Thailand, Vietnam, Myanmar).

Melalui kerja sama ini, terdapat beberapa aktivitas yang akan diselenggarakan dalam beberapa tahun ke depan, antara lain:

  1. Konferensi Musim Gugur yang bertujuan mewadahi akademisi, ilmuwan, dan peneliti dari Asia Tenggara dan Uni Eropa dalam forum bersama pada tahun 2017 dengan tema “New Conception of Governance in Southeast Asia and ASEAN: Social Inclusion, Resiliency, and Sustainable Society and 21th Century”
  2. Peluncuran buku sebagai keluaran dari Konferensi Musim Gugur di Brussels pada tahun 2018.
  3. Pertukaran perwakilan di masing-masing ASEAN Studies Centre dan SEA ASEAN Groningen.

Acara ini dihadiri oleh Presiden UoG Prof. Sibrand Poppema, Direktur SEA ASEAN Groningen Prof. Dr. Ronald L. Holzhacker, Direktur Asosiasi SEA ASEAN Groningen Dr. Wendy Tan, Wakil Dekan untuk Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr. Nanang Pamuji Mugasejati, Direktur ASEAN Studies Center, dan berbagai perwakilan institusi di tingkat universitas dan fakultas. Delegasi-delegasi di atas menyempatkan waktu untuk duduk bersama dan saling berbagi sambutan. Selain itu juga mengunjungi kantor ASEAN Studies Centre untuk melihat kondisi dan perkembangan yang ada. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dari dan kepada masing-masing pihak. Harapannya, kerja sama ini dapat memperluas kerja sama antar dua kawasan melalui kedua institusi sebagai gateway dari masing-masing kawasan dan juga sebagai inisiasi memperkuat kerja sama antar pusat kajian lintas negara dan kawasan.